SYARAT DAN KETENTUAN PERMOHONAN PEMBAYARAN SETORAN AWAL HAJI REGULER DAN PERMOHONAN MIGRASI HAJI MELALUI WHATSAPP OFFICIAL BNI SYARIAH

 

I. DEFINISI

  1. Bank adalah PT Bank BNI Syariah.
  2. Akad Wakalah adalah pelimpahan kekuasaan oleh jamaah kepada BPKH sebagai pengelola dana.
  3. Biaya Perjalanan Ibadah Haji (selanjutnya disebut “Bipih”) adalah sejumlah dana yang harus dibayar oleh Warga Negara yang akan menunaikan Ibadah Haji.
  4. BNI Baitullah iB Hasanah adalah adalah simpanan dana yang menggunakan Akad Wadi’ah atau Akad Mudharabah Mutlaqah yang diperuntukkan untuk perencanaan haji maupun umrah dengan sistem setoran bebas atau bulanan, dalam mata uang Rupiah maupun USD yang berguna sebagai sarana pembayaran Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) Reguler maupun Khusus dengan besar biaya ditentukan oleh Kementerian Agama.
  5. BNI Baitullah iB Hasanah Anak adalah BNI Baitullah iB Hasanah yang dikhususkan untuk anak usia < 17 tahun.
  6. BNI Haji adalah sarana penyetoran untuk Bipih Reguler dalam bentuk Tabungan pada outlet BNI.
  7. Customer Service Cabang adalah petugas Bank yang bertanggung jawab untuk membuka rekening, menerima pengaduan Nasabah, dan lain-lain yang datang ke Kantor Cabang Bank.
  8. Customer Service Online Haji (selanjutnya disebut “CS Online Haji”) adalah Customer Service pada Kantor Cabang Bank yang melakukan verifikasi permohonan pembayaran setoran awal haji reguler dan permohonan migrasi haji secara online melalui video call.
  9. Formulir Surat Pernyataan Pendaftaran Calon Jamaah Haji Haji (selanjutnya disebut “SPCH”) adalah surat pernyataan calon jamaah haji tentang kebenaran data dan dokumen yang diberikan status belum pernah haji dalam kurun waktu 10 (sepuluh) tahun terakhir dan pernyataan lainnya sesuai kebutuhan.
  10. Hari Kerja adalah hari Senin sampai dengan Jumat sesuai layanan operasional Bank di luar hari libur resmi nasional lainnya yang ditetapkan oleh pemerintah dan hari bank tidak buka untuk umum yang ditetapkan oleh Bank Indonesia.
  11. Kantor Cabang Bank adalah seluruh outlet Bank baik Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu, dan Kantor Kas yang beroperasi di wilayah Indonesia.
  12. Migrasi Haji adalah proses perpindahan data dan dana dari tabungan BNI Haji ke tabungan BNI Baitullah iB Hasanah dalam rangka memenuhi ketentuan pemerintah terkait rekening haji.
  13. adalah pemilik tabungan BNI Baitullah iB Hasanah di Bank.
  14. Nasabah Migrasi Haji adalah pemilik tabungan BNI Haji yang melakukan Migrasi Haji.
  15. Nomor Porsi adalah nomor urut pendaftaran yang diterbitkan oleh Kementerian Agama bagi jamaah haji yang mendaftar.
  16. Syariah Channeling Office (selanjutnya disebut “SCO”) adalah Kantor Layanan BNI yang dapat melayani transaksi syariah termasuk penerimaan pendaftaran Bipih.
  17. Whatsapp Official BNI Syariah (selanjutnya disebut “WA Official BNI Syariah”) adalah aplikasi yang dapat diunduh secara gratis dan didesain khusus untuk perusahaan yang dapat mengautomasi, menyortir dan menjawab pesan secara cepat.

II. DATA NASABAH ATAU NASABAH MIGRASI HAJI

  1. Dalam rangka pengajuan permohonan pembayaran setoran awal haji reguler oleh Nasabah dan permohonan migrasi haji oleh Nasabah Migrasi Haji melalui Whatsapp Official BNI Syariah dalam masa pandemi COVID-19, Nasabah atau Nasabah Migrasi Haji wajib menunjukkan dan menyampaikan informasi, data, dan dokumen pendukung yang dipersyaratkan oleh Bank.
  2. Bank berhak meminta informasi dan dokumen pendukung serta menatakerjakan data profile Nasabah atau Nasabah Migrasi Haji sesuai dengan kebutuhan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Nasabah atau Nasabah Migrasi Haji wajib mengisi secara lengkap dan benar serta memastikan ketepatan dan kelengkapan data yang dibutuhkan untuk pengajuan permohonan pembayaran setoran awal haji reguler atau permohonan migrasi haji.
  4. Nasabah atau Nasabah Migrasi Haji wajib mengirimkan foto dokumen yang diperlukan melalui Whatsapp Official BNI Syariah sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
  5. Nasabah atau Nasabah Migrasi Haji dengan ini menjamin bahwa semua data, informasi, dan dokumen pendukung yang ditunjukkan, diserahkan, dan dikirimkan kepada Bank adalah benar, lengkap, asli, sah, dan terbaru sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  6. Bank tidak bertanggung jawab terhadap segala dampak apapun yang mungkin timbul yang diakibatkan kelalaian, ketidaklengkapan, ketidakjelasan atau ketidaktepatan data yang diisi oleh Nasabah atau Nasabah Migrasi Haji pada saat mengajukan permohonan pembayaran setoran awal haji reguler atau permohonan migrasi haji pada Whatsapp Official BNI Syariah.
  7. Bank melakukan video call melalui Whatsapp Official BNI Syariah dengan menghubungi nomor telepon Nasabah atau Nasabah Migrasi Haji yang tercatat terakhir pada Bank.

III. KETENTUAN UMUM PENGAJUAN PERMOHONAN SETORAN AWAL HAJI REGULER ATAU PERMOHONAN MIGRASI HAJI MELALUI WHATSAPP OFFICIAL BNI SYARIAH

  1. Pengajuan permohonan pembayaran setoran awal haji reguler atau permohonan migrasi haji melalui Whatsapp Official BNI Syariah hanya dapat dimanfaatkan oleh Nasabah atau Nasabah Migrasi Haji selama masa pandemi COVID-19 pada jam operasional layanan Kantor Cabang Bank.
  2. Untuk dapat memanfaatkan pengajuan permohonan pembayaran setoran awal haji reguler atau permohonan migrasi haji melalui Whatsapp Official BNI Syariah, Nasabah atau Nasabah Migrasi Haji harus mengakses link pada website resmi Bank dengan menyiapkan dokumen sesuai persyaratan yang berlaku di Bank.
  3. Pengajuan permohonan pembayaran setoran awal haji reguler atau permohonan migrasi haji melalui Whatsapp Official BNI Syariah hanya dapat dimanfaatkan oleh Nasabah atau Nasabah Migrasi Haji dan tidak dapat diwakilkan.
  4. Pada saat memanfaatkan pengajuan permohonan pembayaran setoran awal haji reguler atau permohonan migrasi haji melalui Whatsapp Official BNI Syariah, Nasabah atau Nasabah Migrasi Haji menggunakan nomor handphone aktif yang terdaftar di Bank, terhubung dengan Whatsapp serta memiliki fitur kamera depan untuk proses Video call.
  5. Jika menggunakan nomor yang berbeda, Nasabah atau Nasabah Migrasi Haji segera menyampaikan hal tersebut kepada Kantor Cabang Bank terdekat.

IV. PENGAJUAN PERMOHONAN PEMBAYARAN SETORAN AWAL HAJI REGULER MELALUI WHATSAPP OFFICIAL BNI SYARIAH

Pengajuan permohonan pembayaran setoran awal haji reguler dapat dimanfaatkan oleh Nasabah yang telah memiliki rekening BNI Baitullah iB Hasanah dan memiliki saldo minimal Rp. 25.100.000,- (dua puluh lima juta seratus ribu rupiah) pada rekening tersebut.

V. PENGAJUAN PERMOHONAN MIGRASI HAJI

Pengajuan permohonan migrasi haji dapat dimanfaatkan oleh Nasabah Migrasi Haji yang telah memiliki rekening BNI Haji dan memiliki Nomor Porsi.

VI. VERIFIKASI

  1. Setelah dokumen lengkap dan jelas diterima oleh Bank, Bank akan melakukan verifikasi melalui video call dengan meminta konfirmasi terlebih dahulu kepada Nasabah atau Nasabah Migrasi Haji pada jam operasional Bank yang berlaku.
  2. Bagi Nasabah yang berusia di bawah 17 tahun dan memiliki tabungan BNI Baitullah iB Hasanah Anak, proses verifikasi wajib didampingi orangtua/wali.
  3. Pada saat video call dilaksanakan, Bank akan meminta Nasabah atau Nasabah Migrasi Haji antara lain untuk menunjukkan dokumen sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.
  4. Bank berhak menentukan kesesuaian verifikasi yang dilakukan kepada Nasabah atau Nasabah Migrasi Haji melalui video call.
  5. Apabila verifikasi telah sesuai, Bank akan mengirimkan notifikasi kepada Nasabah atau Nasabah Migrasi Haji.

VII. KEWAJIBAN NASABAH ATAU NASABAH MIGRASI HAJI

Tanpa mengurangi kewajiban Nasabah atau Nasabah Migrasi Haji yang tercantum pada ketentuan lain dalam syarat dan ketentuan ini maka:

  1. Kerahasiaan data antara lain data Nasabah atau Nasabah Migrasi Haji, serta data lain sehubungan dengan pengajuan permohonan pembayaran setoran awal haji reguler atau permohonan migrasi haji melalui Whatsapp Official BNI Syariah adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab Nasabah atau Nasabah Migrasi Haji dan hanya boleh diketahui serta digunakan oleh Nasabah atau Nasabah Migrasi Haji yang bersangkutan.
  2. Nasabah atau Nasabah Migrasi Haji dengan ini membebaskan Bank dari segala tuntutan akibat pelanggaran kerahasiaan data tersebut.

VIII. PELAYANAN DAN PENYELESAIAN PENGADUAN

  1. Nasabah atau Nasabah Migrasi Haji dapat melakukan pengaduan terkait pengajuan permohonan pembayaran setoran awal haji reguler atau permohonan migrasi haji melalui Whatsapp Official BNI Syariah dengan cara datang ke Kantor Cabang Bank atau SCO terdekat.
  2. Pengaduan sebagaimana dimaksud pada angka (1) diatas dapat dilakukan secara tertulis.
  3. Bank berhak melakukan verifikasi serta meminta dokumen pendukung untuk memastikan kebenaran informasi mengenai pengaduan Nasabah atau Nasabah Migrasi Haji tersebut.
  4. Penyelesaian pengaduan secara tertulis dilakukan paling lambat 20 (dua puluh) hari kerja sejak data diterima secara lengkap.
  5. Pelayanan dan penyelesaian pengaduan Nasabah atau Nasabah Migrasi Hajimengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku pada Bank.

IX. BIAYA PENGAJUAN PERMOHONAN PEMBAYARAN SETORAN AWAL HAJI REGULER ATAU PERMOHONAN MIGRASI HAJI MELALUI WHATSAPP OFFICIAL BNI SYARIAH

  1. Nasabah atau Nasabah Migrasi Hajitidak dikenakan biaya apapun oleh Bank terkait pengajuan permohonan pembayaran setoran awal haji reguler atau permohonan migrasi haji melalui Whatsapp Official BNI Syariah.
  2. Biaya penggunaan Whatsapp pribadi dalam pengajuan permohonan pembayaran setoran awal haji reguler atau permohonan migrasi haji melalui Whatsapp Official BNI Syariah sepenuhnya menjadi beban dan tanggungjawab Nasabah atau Nasabah Migrasi Haji.

X. PERNYATAAN NASABAH ATAU NASABAH MIGRASI HAJI

  1. Dengan pengajuan permohonan pembayaran setoran awal haji reguler atau permohonan migrasi haji melalui Whatsapp Official BNI Syariah, Nasabah atau Nasabah Migrasi Hajisetuju untuk menginformasikan dan mengirimkan data Nasabah atau Nasabah Migrasi Hajikepada Bank diantaranya foto dokumen identitas diri yang berlaku.
  2. Dokumen yang dikirimkan Nasabah atau Nasabah Migrasi Hajikepada Bank dan segala bentuk komunikasi antara Bank dan Nasabah yang dikirim secara elektronik tersimpan pada Bank dan/atau tersimpan dalam bentuk penyimpanan informasi dan data lainnya di Bank, baik yang berupa dokumen tertulis, catatan, tape/cartridge, print out komputer dan/atau salinan.
  3. Dokumen dan komunikasi sebagaimana dimaksud ayat (2) di atas merupakan alat bukti yang sah yang tidak akan dibantah keabsahan, kebenaran atau keasliannya meskipun tidak dibuat dokumen tertulis dan/atau dikeluarkan dokumen yang tidak ditandatangani.
  4. Nasabah Migrasi Hajisetuju bahwa pembukaan rekening BNI Baitullah iB Hasanah pada Migrasi Haji hanya akan berlaku efektif setelah seluruh persyaratan dipenuhi dan permohonan disetujui oleh Bank.
  5. Setiap produk/fasilitas/jasa yang tersedia dalam Whatsapp Official BNI Syariah tunduk pada syarat-syarat dan ketentuan yang berlaku pada masing-masing produk/fasilitas/jasa tersebut, setiap perubahannya akan diberitahukan terlebih dahulu oleh Bank kepada Nasabah atau Nasabah Migrasi Hajipaling lambat 30 (tiga puluh) Hari Kerja sebelum berlaku perubahan dimaksud dalam bentuk dan sarana apapun.
  6. Segala kerugian selain kerugian yang timbul akibat kelalaian/kesalahan Bank dalampengajuan permohonan pembayaran setoran awal haji reguler atau permohonan migrasi haji melalui Whatsapp Official BNI Syariah, menjadi tanggung jawab Nasabah atau Nasabah Migrasi Hajisepenuhnya.

XI. FORCE MAJEURE

  1. Nasabah atau Nasabah Migrasi Hajiakan membebaskan Bank dari tuntutan/gugatan/klaim/ganti rugi dalam hal Bank tidak dapat melaksanakan perintah dari Nasabah atau Nasabah Migrasi Haji baik sebagian maupun seluruhnya karena kejadian-kejadian atau sebab-sebab di luar kekuasaan atau kemampuan Bank termasuk pada bencana alam, perang, huru-hara, keadaan peralatan, sistem atau transmisi yang tidak berfungsi, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, pandemi serta kejadian-kejadian atau sebab-sebab lain di luar kekuasaan atau kemampuan Bank.
  2. Dalam hal Bank tidak dapat melaksanakan perintah dari Nasabah atau Nasabah Migrasi Hajibaik sebagian maupun seluruhnya karena kejadian-kejadian atau sebab-sebab di atas, Bank akan menyampaikan pemberitahuan kepada Nasabah atau Nasabah Migrasi Haji melalui media resmi Bank.

XII. LAIN-LAIN

  1. Syarat dan ketentuan ini berlaku sebagai perjanjian bagi Bank dan Nasabah atau Nasabah Migrasi Haji .
  2. Bank berhak menghentikan pengajuan permohonan pembayaran setoran awal haji reguler atau permohonan migrasi haji melalui Whatsapp Official BNI Syariah untuk sementara waktu maupun untuk jangka waktu tertentu yang ditentukan oleh Bank untuk keperluan pembaharuan, pemeliharaan sistem atau untuk tujuan lain dengan alasan apapun yang dianggap baik oleh Bank.
  3. Setiap pemberitahuan dari Bank terkait perubahan manfaat, biaya, risiko, syarat dan ketentuan ini dan/atau pengoperasian pengajuan permohonan pembayaran setoran awal haji reguler atau permohonan migrasi haji melalui Whatsapp Official BNI Syariah akan diberitahukan melalui media resmi Bank.
  4. Dalam hal salah satu ketentuan dalam syarat dan ketentuan ini dinyatakan batal berdasarkan suatu peraturan perundang-undangan, maka pernyataan batal tersebut tidak mengurangi keabsahan atau menyebabkan batalnya persyaratan atau ketentuan lain dalam syarat dan ketentuan ini dan oleh karenanya dalam hal demikian ketentuan lain dalam syarat dan ketentuan ini tetap sah dan mengikat.

XIII. PEMBERLAKUAN KETENTUAN

  1. Bank berhak mengubah syarat dan ketentuan yang berkaitan dengan pengajuan permohonan pembayaran setoran awal haji reguler atau permohonan migrasi haji melalui Whatsapp Official BNI Syariah yang secara khusus ditetapkan Bank yang menjadi satu kesatuan dan bagian yang tidak terpisahkan dari syarat dan ketentuan ini dengan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Nasabah atau Nasabah Migrasi Haji paling lambat 30 (tiga puluh) Hari Kerja sebelum perubahan tersebut berlaku.
  2. Syarat dan ketentuan pengajuan permohonan pembayaran setoran awal haji reguler atau permohonan migrasi haji melalui Whatsapp Official BNI Syariah selengkapnya diatur dalam ketentuan yang secara khusus ditetapkan oleh Bank termasuk tetapi tidak terbatas pada buku petunjuk dan kebijakan internal Bank lainnya yang merupakan satu kesatuan serta bagian yang tidak terpisahkan dari syarat dan ketentuan ini.
  3. Dalam hal syarat dan ketentuan ini bertentangan dengan ketentuan khusus pada masing-masing produk/fasilitas/jasa yang ditetapkan Bank, maka yang berlaku adalah ketentuan khusus dimaksud.

XIV. HUKUM YANG BERLAKU DAN DOMISILI

  1. Hukum yang berlaku dan domisili ketentuan umum dan persyaratan pembukaan rekening ini serta pelaksanaannya lebih lanjut tunduk pada hukum negara Republik Indonesia.
  2. Bank dan Nasabah atau Nasabah Migrasi Hajidengan ini sepakat bahwa setiap perselisihan yang timbul sehubungan dengan pemanfaatan Whatsapp Official BNI Syariah ini, akan diupayakan untuk diselesaikan terlebih dahulu dengan melakukan musyawarah untuk mencapai mufakat dengan tetap memenuhi prinsip syariah melalui forum internal Bank atau melalui mediasi Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Perbankan Indonesia (LAPSPI).
  3. Apabila penyelesaian perselisihan secara musyawarah atau mediasi sebagaimana ayat (2) tidak tercapai kesepakatan/mufakat maka Bank dan Nasabah atau Nasabah Migrasi Hajisepakat untuk menyelesaikan perselisihan tersebut melalui Pengadilan Agama di wilayah hukum Kantor Cabang Bank dimana Nasabah atau Nasabah Migrasi Haji mengajukan permohonan pengajuan permohonan pembayaran setoran awal haji reguler atau permohonan migrasi haji.

SYARAT DAN KETENTUAN INI TELAH DISESUAIKAN DENGAN KETENTUAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN TERMASUK KETENTUAN PERATURAN OTORITAS JASA KEUANGAN.

Saya telah membaca, mengerti dan menyetujui hal-hal yang tercantum pada Syarat Dan Ketentuan Pengajuan Permohonan Pembayaran Setoran Awal Haji Reguler dan Permohonan Migrasi Haji Melalui Whatsapp Official BNI Syariah

 

klik whatsapp